Apa itu Golden hour?

Kualitas Cahaya dan pencahayaan yang tepat pada sebuah karya fotografi dapat membuat Anda menghentikan langkah dan berdecak kagum. Bayangkan cahaya hangat dan alami yang membuat semua orang dan segalanya terlihat sebagai yang terbaik. Inilah yang sering kita kenal sebagai keajaiban Golden Hour.

Golden hour dimulai kira-kira satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam, tergantung di garis lintang mana Anda tinggal (utara, selatan atau di garis ekuator). Warna yang hangat, dan dengan arah tertentu membuatnya lebihdan di posisi garis lintang yang mana siklus matahari berada. Jika Anda menginginkan waktu yang lebih tepat kapan golden hour dimulai, Anda dapat menggunakan aplikasi kalkulator golden hour seperti The Photographer’s Ephemeris. Atau coba aplikasi lain seperti Helios Golden Hour (untuk iOS) dan Blue Hour Calculator (untuk Android).

Anda juga dapat menggunakan kalkulator golden hour online seperti ini untuk mengetahui kapan golden hour dimulai di lokasi tertentu.

Cahaya golden hour yang lembut, warna yang hangat, dan dengan arah tertentu  membuatnya lebih mudah untuk dipotret daripada cahaya keras matahari pada saat siang hari bolong. Baik fotografer profesional maupun pemula lebih suka memotret selama golden hour karena lebih mudah untuk digunakan.

Golden hour menghasilkan karakter cahaya khasnya, ini di sebabkan karena matahari sedang berada di posisi yang lebih rendah dan membentuk sudut tertentu pada bayangan. Dibandingkan dengan waktu-waktu yang lain dalam siklusnya. Cahaya ajaib ini memiliki beberapa karakter sehingga dapat di jabarkan sebagai berikut. Cahaya golden hour adalah:

  • Lembut : transisi dari terang ke gelap dilakukan secara bertahap, menciptakan cahaya lembut yang secara universal menyanjung dan sangat baik untuk potret.
  • Hangat : sudut rendah matahari menciptakan cahaya oranye, terkait dengan ketenangan dan kebahagiaan.
  • Directional : karena matahari rendah di langit, mudah untuk membuat back-lighting, side lighting atau front lighting hanya dengan matahari dan reflektor murah atau fill flash yang dimodifikasi.

Bersama-sama, ketiga karakteristik tersebut membentuk keajaiban golden hour. Yang harus Anda lakukan untuk memanfaatkan golden hour adalah menyesuaikan waktu pemotretan Anda. Dan yang pasti adalah, Anda harus bangun sedikit lebih awal! Demi hasil karya fotografi yang keren, why not?!